Friday, May 3, 2013

Tips Keamanan/Privasi - Menghilangkan Jejak Berinternet di Browser

Saat kita berselancar/surfing di internet untuk cari informasi di google, main facebook, baca email, nonton film online, dan lain-lain, semua alamat website yang kita kunjungi akan tersimpan secara otomatis di dalam fasilitas history di dalam browser. Dengan membuka history di setiap browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan lain-lain), maka kita/orang lain dapat melihat situs apa saja yang telah dibuka beserta detail tanggal dan waktunya. Fasilitas history ini cukup bermanfaat untuk mengingat situs-situs yang telah dikunjungi pada waktu lampau, juga bermanfaat bagi orang tua untuk memonitor aktifitas berinternet anaknya.

Namun bisa jadi ada di antara anda yang kurang senang dengan fasilitas ini, mungkin karena tidak ingin orang lain melihat situs yang dikunjungi karena persoalan privasi terutama jika berinternet menggunakan komputer umum atau berinternet di rumah teman. Kali ini kita akan membahas cara melihat history/jejak internet di setiap browser dan cara menghapusnya.

Browser Microsoft Internet Explorer

Melihat History

Bagi anda pengguna Internet Explorer 6 dan di bawahnya, untuk melihat jejak history, klik tombol History pada toolbar. Selanjutnya pada bagian kiri akan muncul panel History, di sana anda bisa melihat-lihat situs yang telah dibuka. Sedangkan untuk Internet Explorer 7, pada toolbar klik menu Tools > Toolbars > History. Untuk menutup panel History tersebut, ulangi kembali langkah di atas.

Menghapus History

Untuk pengguna IE 6, untuk menghapus jejak history, klik menu Tools > Internet Options. Lalu klik tab General, kemudian klik tombol Clear History, lalu Yes kemudian OK. Sedangkan untuk IE 7, klik menu Tools > Delete Browsing History. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol Delete History, lalu Yes

Browser Mozilla Firefox

Melihat History

Untuk melihat jejak history pada firefox, tekan CTRL+H untuk membuka panel history di sebelah kiri. Tekan kembali untuk menutup panel tersebut. Bisa juga dengan klik menu History > Show All history. Ini akan menampilkan kota dialog yang berisi daftar situs yang pernah dibuka.

Menghapus History

Untuk menghapus jejak history pada firefox, klik menu Tools > Clear Private Data. Pada kotak dialog yang muncul, beri tanda centang (klik) pada pilihan Browsing History lalu klik tombol Clear Private Data Now

Browser Opera

Melihat History

Untuk melihat jejak history pada browser Opera, klik menu Tools > History. Ini akan membuka jendela dimana anda bisa mengexplore daftar situs yang pernah dibuka.

Menghapus History

Untuk menghapus jejak history pada Opera, klik menu Tools > Delete private data. Klik tombol Details. Lalu beri tanda centang pada semua option yang diawali tulisan Clear history ... . Kemudian klik tombol Delete.


Cara Lain

Jika mau, bisa juga menggunakan software-software penghapus history yang tersedia di internet secara gratis, berikut ini beberapa contohnya:

- Program Free Internet Window Washer, di alamathttp://www.eusing.com/Window_Washer/Window_Washer.htm 
- Program Free Privacy Eraser, di alamathttp://www.cleanersoft.com/free_privacy_eraser/privacy_eraser.htm
- dan masih ada program lain bisa dicari di situs download.com.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment